Post Image

Kumparan – Akhirnya, konser Rossa yang bertajuk ‘The Journey of 21 Dazzling Years’ digelar pada Kamis malam (13/4) di Jakarta Convention Center, Senayan, Jakarta Pusat. Penyanyi 38 tahun itu sukses membuat penonton untuk bernyanyi bersamanya.

Mengenakan gaun berwarna biru tua, Rossa membuka konser dengan membawakan lagu ‘Kembali’, ‘Malam Pertama’, dan ‘Tak Sanggup Lagi’. Permainan cahaya di panggung pun sangat apik, membuat penampilannya terlihat megah. Setelahnya, ia mengucapkan terima kasih kepada para penonton yang hadir malam itu.

“Akhirnya, malam ini terjadi juga (konsernya) dan menjadi salah satu malam yang selalu saya mimpikan. Malam ini mengigatkan bahwa saya sudah 21 tahun berkarya di industri musik Indonesia. Itu karena kamu semua yang ada di sini,” kata ibu satu anak itu.

“Malam hari ini, saya disuruh bersenang-senang. Terima kasih karena menjadikan saya wanita yang kau pilih,” lanjutnya. Lagu ‘Wanita yang Kau Pilih’ pun dibawakan.

“Lagu saya enggak semuanya galau. Itu pikiran Anda sendiri. ‘Wanita yang Kau Pilih’ biasanya saya nyanyikan di pernikahan. Lagu selanjutnya, yang suka baperan, GR-an (gede rasa), dan PHP (pemberi harapan palsu) sama orang lain,” kata Rossa.

Lagu ‘Ku Menunggu’ pun dinyanyikannya dengan apik, disusul ‘Salah’ dan ‘Nada Cinta’ yang dinyanyikan oleh Tulus.
Rossa pun menghilang dari panggung. Tak lama, ia muncul kembali dan telah berganti pakaian dengan gaun berwarna putih bak putri Yunani. Latar panggung mendadak terbuka dan para pemain orkestra terlihat dengan jelas.

Rossa pun melantunkan ‘Atas Nama Cinta’. Lagu ‘Sakura’ milik Fariz RM pun dibawakan setelahnya. Ia juga melepas jubahnya di lagu tersebut. “Jubah yang tadi saya pakai beratnya 31 kilogram. Tex Saverio (desainer busana Rossa), you kill me. Enggak apa-apa, yang penting enggak seberat hidup saya. Susah jadi diva,” canda Rossa.

Mantan istri Yoyo ‘Padi’ itu pun kembali bercerita. Kali ini, tentang masa lalunya. “Saya datang ke Jakarta 21 tahun lalu, utusan Sumedang. Nyanyi dari panggung ke panggung, dibayar juga enggak. Kapan lagi saya curhat di depan 5.000 orang?” tuturnya sambil tersenyum. “Ini berkah.”

“Dulu, di tahun 1999, saya diperdengarkan lagu ‘Tegar’. Lagu sekaligus momen terbaik dalam hidup saya. Lalu, saya ketemu dengan Melly (Goeslow) dan saya curhat ke dia sampai bikin lagu lagi. Banyak curhat saya, makanya banyak lagu,” tambahnya.

Wanita bernama asli Sri Rossa Roslaina Handayani itu melanjutkan, ada satu orang yang sangat berpengaruh di karier musiknya.

“Dia mengajarkan saya bagaimana cara agar orang-orang suka dengan nyanyian saya dan menjadi komersial. Yovie Widianto,” puji Rossa sambil menunjuk pria 49 tahun itu di atas panggung. Ia pun menyanyikan ‘Terlalu Cinta’ dan ‘Kini’ diiringi permainan piano yang indah dari Yovie.

Konser Rossa ‘The Journey of 21 Dazzling Years’ (Foto: Munady Widjaja)
Dengan senyum lebar, Rossa kembali bercerita setelah lagu yang dibawakannya usai. Kali ini, ia bercerita soal lagu ‘Ayat-ayat Cinta’ yang menjadi soundtrack film dengan judul yang sama.

“Teh Melly (Goeslow) bilang, ‘Cha, kamu kan, dari dulu selalu ingin menyanyikan lagu untuk soundtrack film. Gue lagi bikin, nih.’ Ya, saya mau, lah. Filmnya dibikin oleh Hanung (Bramantyo). Ceritanya diangkat dari buku berjudul ‘Ayat-ayat Cinta’. Saya, di mobil waktu itu, tidak pernah menyangka ‘Ayat-ayat Cinta’ yang membawa saya jalan terus ke karier musik saya hingga 21 tahun. ‘Ayat-ayat Cinta’ adalah lagu soundtrack film pertama saya,” tuturnya.

Lagu ‘Ayat-ayat Cinta’ pun ia bawakan dengan syahdu. Tak lupa, penonton pun bertepuk tangan kala Rossa selesai menyanyikan sebuah lagu.

Penyanyi yang baru saja menggelar konser dengan Raisa beberapa waktu lalu, Isyana Sarasvati, pun muncul membawakan lagu ‘Tegar’, single andalan Rossa. Penampilannya yang memukai pun menuai sorakan dan tepuk tangan riuh penonton.

“Mendengar Isyana nyanyi bikin enggak pengin lagi naik ke atas panggung,” terang Rossa seusai ‘Tegar’ dibawakan. “Knapa saya milih Isyana, karena menurut saya, dia memilik suara yang luar biasa dan permainan pianonya juga luar biasa. Saya merelakan ‘Tegar’ dinyanyikan dengan begitu indahnya. Untung saya lahir duluan, kalau enggak, saya bukan siapa-siapa sekarang.”

Rossa pun membawakan lagu ‘Body Speak’, ‘Ladies’, dan ‘Cinta Dalam Hidupku’ yang berduet dengan Afgan.
“Aku bangga banget sama Ocha (panggilan Rossa) sebagai teman lama. Ocha yang konser, tapi aku yg nervous dari tadi. Kayak transfer energi,” aku pelantun ‘Bukan Cinta Biasa’ itu.

“Afgan dari kemarin deg-degan,” timpal Rossa dengan senyum lebar.

Rossa yang juga tenar sebagai penyanyi di Malaysia ini pun membawakan ‘Kamu yang Kutunggu’.
“Banyak sekali lagu yang sebetulnya curhatan saya, salah satunya lagu yang dibikin piano oleh Andi Rianto,” ujarnya.

Rossa pun menyanyikan ‘Hati yang Terpilih’ sebagai penutup konsernya malam itu. Lagu terakhir selesai, penonton berdiri dan bertepuk tangan. Rossa pun mengucapkan terima kasih dengan wajah semringah. Ia pun menghilang dari panggung.

Konser 21 tahun Rossa pun berakhir dengan meriah dan heboh. Perjalanan karier musiknya yang diceritakan lewat lagu pun membuktikan bahwa ia adalah seorang diva yang tak pernah kehilangan kilaunya.