Post Image

Tetap berprestasi, mungkin ini adalah julukan yang pantas disematkan pada Diva Indonesia satu ini, yaitu Rossa. Lebih dari 3 dekade berkarya namun tetap masih eksis hingga sekarang ini dan bahkan semakin gemilang dari tahun ke tahun. Namanya selalu eksis berada di jajaran top penyanyi hebat pada setiap masanya.

Pada tanggal 9 April 2020 kemarin, secara resmi Rossa mengukuhkan dirinya sebagai penyanyi Indonesia yang paling banyak diikuti di aplikasi musik JOOX Indonesia. Salah satu aplikasi musik resmi terbesar di Indonesia bahkan beberapa negara asia lainnya. Rossa menjadi penyanyi Indonesia yang paling diikuti untuk semua genre (baik itu solo maupun band/group) dengan jumlah pengikut mencapai angka lebih dari 625.000 ribu pengikut.

Sedikit menengok ke belakang, nama Rossa memulai dikenal masayarakat luas sejak tahun 1996 dengan meluncurkan album perdananya yang berjudul “Nada-Nada Cinta” yang terjual lebih dari 750.000 keping pada masa itu. Kemudian disusul dengan album kedua yang berjudul “Tegar (1999) yang semakin melambungkan namanya hingga negara-negara tetangga seperti Malaysia, Brunei Darussalam dan Singapura dan mendapatkan anugerah 4x Platinum.

Namun sebelum itu semua, sebenarnya Rossa sudah malang melintang di industri musik sejak umur 10 tahun dengan mengeluarkan album anak-anak yang berjudul “Gadis Ingusan” pada tahun 1988 dan Untuk Sahabatku pada tahun 1990.

Sementara untuk aplikasi JOOX, JOOX sendiri berasal dari kata “jukebox” dimana aplikasi ini merupakan layanan musik streaming resmi melalui internet dengan sentuhan personal yang diluncurkan oleh Tencent Holdings Ltd asal Shenzen, Tiongkok. Sebuah perusahaan di balik instant messaging WeChat. Layanan musik ini tersedia dalam bentuk mobile app (Android dan iOS) dan situs web, para pengguna dapat mendengarkan lebih dari dua juta lagu dan playlist pilihan lokal dan internasional secara gratis, serta mengunduhnya untuk didengarkan secara offline.

Setelah sukses di Hong Kong dan Malaysia, JOOX secara resmi diluncurkan di Indonesia pada bulan October 2015. Dengan mengusung slogan “Live Your Music”, JOOX menggandeng beberapa label rekaman baik International maupun lokal. Pada tahun 2017 JOOX meluncurkan layanan mereka di Afrika Selatan, pasar non-Asia pertama mereka.

Layanan ini sekarang menyumbang lebih dari 50% dari semua unduhan aplikasi streaming musik di pasar Asia mereka. Jumlah pengguna streaming musik di Hong Kong, Singapura, Malaysia, Thailand, Filipina, Myanmar, dan Indonesia diperkirakan mencapai 87 juta unduhan pada tahun 2020.

Fitur berbayar JOOX VIP diperuntukkan untuk pencinta musik sejati, di mana para pengguna JOOX dapat menikmati layanan ekstra seperti “Play On-demand”, mengunduh lagu untuk di dengarkan saat offline, kualitas streaming terbaik, unlimited song skips, serta bebas iklan. JOOX VIP juga menyediakan fitur “Auto-Download”, di mana JOOX akan langsung mengunduh musik yang ditambahkan ke dalam playlist secara otomatis ketika terhubung koneksi Wi-Fi.