Post Image

Liputan6.com, Jakarta Tahun 2020 menjadi ujian yang cukup berat bagi musikus Tanah Air. Bayangkan saja, banyak musisi yang tidak bisa manggung. Hal itu tak lantas membuat penyanyi Rossa berdiam diri. Dengan memanfaatkan teknologi saat ini untuk tetap berkreasi, Rossa berkarya melalui layanan streaming.

Jutaan angka streaming dan view telah mengantar Dato’ Sri Rossa begitu populer di layanan musik streaming terkemuka seperti Spotify, Joox, Apple Music, Langitmusik, Deezer dan menyusul Resso, yang merupakan satu grup dengan TikTok. Hal ini membuat namanya melejit dengan banyak prestasi. Ini tentu saja berkat kerja keras dan cerdas Rossa yang mendapat dukungan penuh manajemen musiknya, Inspire Musik.

“Ini menjadi berkah dan hikmah luar biasa buat aku di tahun 2020 ini. Saat pandemi masih bisa berkarya dan berbagi harmoni dengan semua penggemar. Terimakasih sudah menjadikan saya bagian hidup kalian. Sudah tertawa, menangis, merenung, melamun. Mengenang dan melakukan hal lainnya dengan lagu-lagu saya,” ujar Rossa dalam jumpa pers secara virtual, Kamis (17/12/2020).

Diva Asia

Pemilik nama lengkap Sri Rossa Roslaina Handiyani memang menjadi salah satu Diva Asia yang memiliki jutaan penggemar utama yang tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, Hong Kong, Brunei dan banyak negara lainnya.

Kehadiran Rossa dengan beragam hits terbaiknya seperti “Terlalu Cinta”, “Jangan Hilangkan Dia”, “Tegar”, “Aku Bukan Untukmu” dan paling baru single “Masih” di beragam layanan musik streaming selama 2020 membuatnya berhasil meraih banyak prestasi memukau.

5 Besar

Di Spotify saja, Rossa memiliki catatan berhasil berada di lima besar bersama Ariana Grande, Taylor Swift, Niki dan Billie Eilish dengan predikat Indonesia’s Most Streamed Female Artist selama 2020. Total streaming di spotify sebanyak 114.9 juta streaming. Selain itu Rossa berada di no.1 sebagai The Most-followed Indonesian pop female artist dengan 1.9 juta follower di spotify. Rossa juga meraih posisi no.1 top Indonesian artists of 2020 by spotify.

Sebanyak 1.6 juta follower di layanan musik streaming joox membuat rossa mendapat predikat no.1 the most-followed indonesian female artist, ini menjadikan rossa jadi sosok musisi Indonesia pertama dengan prestasi ini.

Produktif

Pada 2020 Rossa masih tetap produktif. Ini dibuktikan dengan single terbarunya “Masih” yang ditulis Yovie Widianto dan Nino RAN pada 4 Maret 2020. Lagu yang rilis saat pandemi mendapat respons bagus dengan berada di posisi 5 besar The 100 Best Songs of 2020 di Apple music untuk Indonesian Artists All Genre 2020.

Lewat Langitmusik Rossa yang bertindak menjadi host untuk salah satu program mereka berhasil meraih prestasi sebagai The Most-followed Indonesian Female Artist All Genre. Lagu “Masih” juga berada di puncak dengan lebih dari 3 juta streaming di layanan musik asli Indonesia ini.

“Terimakasih untuk teman-teman musisi yang menciptakan karya indah untuk saya nyanyikan hingga bisa menembus batas sampai di penggemar dan mendapat prestasi di banyak layanan musik streaming,” ujar Rossa.