• RELEASE DATE /1988

Rec. Engineer : Yadi Sukma
Produksi : Pro-Sound
Distributor : Pro-Sound
Pimpinan Projek : Budhy Paramita
Graphic Design : Wikky M.
Gong Graphic Studio

Release tracklist

Few words

Gadis Ingusan merupakan album anak-anak pertama Rossa yang dirilis ketika Rossa berumur 10 tahun. Awalnya Rossa hanya menemani sang ibu untuk tes vokal (rekaman) di studio Pro-Sound, Jelambar, Jakarta barat, namun keisengan Rossa yang menyanyi menggunakan headphone justru lebih menarik minat produser Pro-Sound bapak Budhy Paramita untuk membuatkannya album.

Di album ini Rossa yang masih anak-anak langsung di tangani oleh musisi-musisi handal pada eranya seperti Addie MS., James F. Sundah, Erwin Badudu, Arthur Kaunang, Franky Sahilatua dll. Sebuah tantangan tersendiri mengingat mereka harus membuat lagu anak-anak yang beda dari biasanya. Dan Rossa ternyata mampu menaklukkan lagu-lagu yang cukup sulit untuk katagori lagu anak-anak saat itu. Hanya sayangnya, album yang digarap maksimal ini ternyata tidak berhasil di pasaran. Boleh jadi album ini memang terlalu berat untuk konsumsi anak-anak, tapi nanggung juga untuk dinikmati remaja dan dewasa. Tapi biarpun begitu, album ini adalah awal yang bagus untuk karir Rossa selanjutnya.

“Album ini memang bukan proyek cari untung, tetapi proyek prestige. Coba simak, mana ada penyanyi cilik ditangani sekian banyak musisi-musisi tenar seperti album Rossa Rose ini,” kata pak Budhy Paramita, Boss Pro-Sound memberikan komentar. (Dikutip dari majalah Ananda 1991)

Rossa memang berbeda dengan penyanyi anak-anak pada umumnya, suara khas ala Lady Rocker dengan nada yang sangat tinggi sudah menjadi ciri khas Rossa sejak ia masih kecil. Sewaktu masih kecil, cara bernyanyi Rossa banyak di influence oleh musik-musik Lady Rocker Indonesia seperti Nicky Astria, Nike Ardilla, Anggun C. Sasmi, Lady Avisha dll, serta musik-musik barat seperti Rolling Stone & Scorpion. Ia juga mendapat julukan “Little Rossa Rose” atau Lady Rocker Cilik karena suaranya yang melengking.

Tracklist :
01. Beri Kami Kesempatan (Ted Sutejo)
02. Gadis Ingusan (Areng Widodo)
03. Ke Jakarta (Areng Widodo)
04. Tetap Melangkah (Oetje F. Tekol)
05. Untuk Sahabatku (Arthur Kaunang)
06. Gadis Ingusan (Minus One)
07. Nyanyain Anak Alam (James F.S / Bucky W. / Emil Salim)
08. Sembilan (Franky S.)
09. Citra (Erwin Badudu)
10. Elegi Anak Pelaut (Alex Lia)
11. Aku ♥ Indonesia (Erwin Badudu)